Jumat, 29 Maret 2013

Membangun hobi pada anak tercinta anda

Untuk dapat menggali potensi anak, kenalkan banyak hobi padanya. Bahkan hobi yang anda sendiri tidak suka. Jika tidak diperkenalkan semenjak dini, hobi bisa dianggap sebagai hal tidak begitu penting sehingga hidupnya hanya diisi dengan tugas dan rutinitas sehari-hari saja.
Pada kehidupan nyata, kita orang dewasa maupun anak-anak butuh hobi sebagai penyeimbang rutinitas harian, seperti bekerja atau bersekolah. Melalui hobi, kita boleh melakukan sesuatu atas dasar rasa bersenang-senang, dan ini akan memberi banyak manfaat untuk kebahagiaan jiwa anak. Tidak menutup kemungkinan juga, dari hobi yang awalnya hanya sekedar pengisi waktu luang, malah menjadi bisnis pencetak uang yang besar.

Bagaimanakah untuk mengetahui apa hobi anak Anda?
Tentu dengan mengenalkan berbagai aktivitas untuk melihat ketertarikannya. Sepuluh hobi berikut ini bisa jadi panduan Anda.

1. Koleksi
Cocok untuk anak yang tidak terlalu suka keramaian, punya keinginan dan tekad yang kuat, serta punya ketelitian dan kesabaran tinggi. Hobi mengoleksi bukan sekedar kemampuan untuk membeli sesuatu, tapi juga tentang berburu, merawat dan mengolah koleksi tersebut.

2. Memasak
Anak sangat suka makan dan gemar menemani Anda belanja, hobi memasak akan sesuai untuknya. Ajari si kecil cara memotong, memasukkan bahan, memakai kompor dan tahap-tahap remeh tapi penting lainnya, dengan benar. Ini akan menghindarkan mereka dari bahaya dan kekacauan yang tidak perlu.

3. Olahraga
Anak cukup aktif dan selalu punya energi lebih, olahraga akan menjadi hobi yang menarik baginya. Kenalkan berbagai cabang olahraga untuk melihat minatnya, baik olahraga perseorangan maupun beregu.

4. Seni
Dari kecil sudah menunjukkan jiwa seorang entertainer dan penikmat seni, seperti percaya diri, punya selera yang bagus soal warna, bentuk dan bunyi, serta kreatif. Kenalkan anak pada aktivitas menggambar, musik, membuat suatu prakarya, menulis cerita, dan sebagainya. Lihat apa yang paling menarik perhatiannya, dan yang paling senang dia lakukan.

5. Mekanik
Si kecil suka tertarik ingin tahu ketika ayahnya sibuk mengutak-atik mesin, mereparasi sesuatu, bahkan ketika Anda sekedar mengelem ujung vas yang patah. Hobi di bidang mekanik bisa jadi adalah hobi anak Anda. Kenalkan anak pada rakitan-rakitan, dari yang sekedar permainan hingga yang tingkat lebih sulit.

Cintai anak anda dengan mengembangkan hobinya dan menyalurkannya kehal-hal yang bisa bermanfaat.

2 komentar: