Jumat, 29 Maret 2013

Tabiat perkembangan pra remaja

 Saat anak tumbuh menjadi remaja, mereka ingin lebih mandiri dan memiliki privasi.Anda menyadari anak anda mulai ingin mandiri dari keluarga. Dia akan mulai banyak menentukan keputusannya sendiri Hal ini bisa dilihat dari hal yang mudah seperti baju yang dikenakannya ,berolahraga, klub dan hobby yang disenanginya. Ruang kamar anak anda akan menjadi surganya dan ketertarikan pribadinya akan terllihat jelas pada poster di dinding,dan musik dari cd player.
Anak anda juga akan memulai membuat catatan diari untuk mencatat senang sedihnya dengan temannya atau dengan hubungan yang lebih intim.Privasi menjadi sangat penting begitu anak berubah menjadi pra remaja.

 Kaidah yang patut dijunjung tinggi adalah:
 1. Hormati privasi anak, ketuk dan tunggu sebelum masuk ke kamarnya
 2. Jangan pernah membaca diari anak, email , pos atau menguping pembicaraan lewat telepon
 3. Cobalah untuk tidak merapikan kamar anak anda, kecuali masalah kesehatan
 4. Dukung keputusan anak anda sesering mungkin
 5. Seriuslah menghadapi masalah dan dilema pada anak anda, anda mungkin merasa itu hal yang sepele ,tapi baginya ini masalah hidup dan mati. Jadi dengar dan perhatikan dengan baik.Jangan katakan kekhawatiran anak anda dengan orang lain tanpa seijinnya.Kepercayaan akan mudah sekali hilang dan butuh waktu untuk mengembalikannya.

Ingat, Orang tua khususnya dan orang dewasa di sekelilingnya pada umumnya bertanggung jawab untuk pengawasan anak. Jika Anda memiliki keraguan tentang bagaimana anak remaja Anda akan bereaksi dalam keadaan darurat atau mengatasi tanpa Anda bahkan untuk waktu singkat, jangan tinggalkan dia tanpa pengawasan orang dewasa.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar